Bidang Dabinkes

Bidang Data, Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan melalui Sekretaris.

Bidang Data, Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai dipimpin oleh Kepala Bidang.

Bidang Data, Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai mempunyai tugas melaksanakan perumusan kebijakan teknis dan dukungan teknis bidang data, pembinaan dan kesejahteraan pegawai.

Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Data, Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai menyelenggarakan fungsi :

  1. penyusunan rencana kerja Bidang;
  2. perumusan kebijakan teknis bidang data, pembinaan dan kesejahteraan pegawai;
  3. pelaksanaan dukungan teknis bidang data, pembinaan dan kesejahteraan pegawai;
  4. pemantauan, evaluasi, pelaporan teknis bidang data, pembinaan dan kesejahteraan pegawai;
  5. pembinaan teknis bidang data, pernbinaan dan kesejahteraan pegawai;
  6. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Bidang; dan
  7. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Badan terkait dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Data, Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai, terdiri atas :

  1. Sub Bidang Data dan Informasi Pegawai;
  2. Sub Bidang Pembinaan Pegawai; dan
  3. Sub Bidang Kesejahteraan Pegawai.


Sub Bidang Data dan Informasi Pegawai

  1. Sub Bidang Data dan Informasi Pegawai berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Data, Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai.
  2. Sub Bidang Data dan Informasi Pegawai dipimpin oleh Kepala Sub Bidang.
  3. Sub Bidang Data dan Informasi Pegawai mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan melaksanakan dukungan teknis bidang data dan informasi pegawai.
  4. Dalam melaksanakan tugasnya, Sub Bidang Data dan Informasi Pegawai menyelenggarakan fungsi :
    1. penyusunan rencana kerja Sub Bidang;
    2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis bidang data dan informasi pegawai;
    3. pengelolaan sistem informasi database kepegawaian;
    4. pengelolaan dokumen kepegawaian;
    5. pengelolaan Laporan Pajak-Pajak Pribadi (LP2P) dan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN);
    6. pengelolaan informasi kepegawaian;
    7. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Sub Bidang; dan
    8. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang terkait dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bidang Pembinaan Pegawai

  1. Sub Bidang Pembinaan Pegawai berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Data, Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai.
  2. Sub Bidang Pembinaan Pegawai dipimpin oleh Kepala Sub Bidang.
  3. Sub Bidang Pembinaan Pegawai mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan melaksanakan dukungan teknis bidang pembinaan pegawai.
  4. Dalam melaksanakan tugasnya, Sub Bidang Pembinaan Pegawai menyelenggarakan fungsi :
    1. penyusunan rencana kerja Sub Bidang;
    2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis bidang pembinaan pegawai;
    3. pelaksanaan proses hukuman disiplin;
    4. pelaksanaan penegakan kode etik pegawai; e, pelaksanaan proses izin perkawinan dan izin perceraian;
  5. pelaksanaan uji kesehatan;
  6. pelaksanaan proses izin ke luar negeri;
  7. pelaksanaan penilaian prestasi kerja pegawai; pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Sub Bidang; dan
  8. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang terkait dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bidang Kesejahteraan Pegawai

  1. Sub Bidang Kesejahteraan Pegawai berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Data, Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai.
  2. Sub Bidang Kesejahteraan Pegawai dipimpin oleh Kepala Sub Bidang.
  3. Sub Bidang Kesejahteraan Pegawai mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan dan melaksanakan dukungan teknis bidang kesejahteraan pegawai.
  4. Dalam melaksanakan tugasnya, Sub Bidang Kesejahteraan Pegawai menyelenggarakan fungsi :
    1. penyusunan rencana kerja Sub Bidang;
    2. penyiapan bahan perumusan kebijakan bidang teknis bidang kesejahteraan pegawai;
    3. pengelolaan presensi pegawai;
    4. fasilitasi pemberian tunjangan kinerja PNS;
    5. fasilitasi pernberian penghargaan Satya Lencana;
    6. fasilitasi penerbitan Kartu Pegawai (Karpeg), Kartu Pegawai Elektronik (KPE), Kartu Istri (Karis), Kartu Suami (Karsu) dan Kartu Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen);
    7. fasilitasi pengembalian Tabungan Perumahan (Taperum);
    8. pelayanan proses permohonan cuti pegawai;
    9. fasilitasi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM);
    10. fasilitasi korps ASN;
    11. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Sub Bidang; dan
    12. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang terkait dengan tugas dan fungsinya.