Sedang memuat.
Mohon tunggu.

Menu

Webinar Strategi Memotivasi Siswa Menuju Sukses ASPD Tahun 2023 dalam rangka peningkatan mutu pendidikan

You are here: SAPABERITAWebinar Strategi Memotivasi Siswa Menuju Sukses ASPD Tahun 2023 dalam rangka peningkatan mutu pendidikan
You are here: SAPABERITAWebinar Strategi Memotivasi Siswa Menuju Sukses ASPD Tahun 2023 dalam rangka peningkatan mutu pendidikan

Webinar Strategi Memotivasi Siswa Menuju Sukses ASPD Tahun 2023 dalam rangka peningkatan mutu pendidikan

diposting di Info Kepegawaian oleh DEVI YUNINGSIH

Dibaca 469 kali 

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, Pemerintah Kabupaten Bantul bekerja sama dengan Pusat Kajian Anak dan Keluarga, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan Webinar Strategi Memotivasi Siswa Menuju Sukses ASPD Tahun 2023, pada Senin, 20 Maret 2023. Kegiatan ini merupakan kegiatan webinar #SapaASN 1 yang dilaksanakan oleh BKPSDM Kabupaten Bantul sebagai salah bentuk pengembangan kompetensi ASN dalam rangka memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Webinar Strategi Memotivasi Siswa Menuju Sukses ASPD Tahun 2023 menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul (Agus Budiraharja, SKM., M.Kes) dan Dekan Fakultas Ilmu Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Dr. Phil. Qurotul Uyun, S.Psi., M.Si., Psikolog, dengan dipandu oleh moderator M. Novvaliant Filsuf Tasaufi, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku dosen psikologi Universitas Islam Indonesia. Kegiatan diikuti oleh guru-guru ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul melalui aplikasi Zoom Meetings dan kanal Youtube "BANTUL TV".

Dalam sesi talkshow, Agus Budiraharja menyampaikan bahwa sebagaimana telah ditetapkan sebagai salah satu misi kedua dalam RPJMD Kabupaten Bantul 2021 - 2026 menegaskan bahwa kemajuan pendidikan di Kabupaten Bantul tidak terlepas dari 3 pilar utama yaitu peran guru dan pemerintah, orang tua wali/murid, keluarga dan masyarakat serta peserta didik. Dibutuhkan kerja sama dan kolaboratif agar prestasi peserta didik semakin baik.

Menyambung jawaban Agus Budiraharja, Qurotul Uyun menyampaikan bahwa kemajuan peserta didik (prestasi akademik dan akhlak mulia) tidak hanya bergantung pada sekolah saja, namun harus ada kerja sama dari ketiga pilar tersebut. Dari sisi psikologis, beliau menyampaikan bahwa peserta didik memiliki berbagai macam kecerdasan yang berbeda, potensi masing-masing yang harus dipahami oleh guru dan orang/tua. Disini diperlukan komunikasi anak dan orang tua, komunikasi guru dan orang tua wali dan komunikasi guru dengan anak yang baik untuk memahami dan menemukan titik yang mampu memberikan motivasi siswa untuk belajar.

Siaran talkshow webinar dapat disaksikan kembali melalui https://www.youtube.com/watch?v=a4VLssS7w_w

21 03, 23

about author