Sedang memuat.
Mohon tunggu.

Menu

0274-367509

bkpp@bantulkab.go.id

Tata Cara Pengajuan IBEL

SAPATata Cara Pengajuan IBEL
SAPATata Cara Pengajuan IBEL

Tata Cara Pengajuan IBEL

diposting di Izin Belajar Tugas Belajar oleh Yudhistira Susila Putra

Dibaca 876 kali 
Rate this item
(2 votes)
Diagram Alur

 

 

Tata Cara Pengajuan Izin Belajar

 

PNS calon peserta izin belajar mengajukan permohonan kepada Kepala Badan untuk memperoleh rekomendasi mengikuti seleksi/mendaftar pada institusi pendidikan. PNS calon peserta izin belajar yang dinyatakan diterima pada institusi pendidikan mengajukan permohonan izin belajar kepada Bupati c.q Kepala Badan melalui Kepala OPD.

Syarat Rekomendasi :

  1. surat permohonan;
  2. salinan sah surat keputusan pangkat terakhir;
  3. salinan sah surat keputusan jabatan terakhir;
  4. salinan sah surat persetujuan/akreditasi dari lembaga pendidikan yang akan diikuti;
  5. salinan sah KARPEG.

Permohonan izin belajar dilampiri dokumen administrasi sebagai berikut :

  1. surat permohonan izin belajar dari PNS yang bersangkutan kepada kepala OPD;
  2. salinan sah surat keputusan Pengangkatan PNS;
  3. salinan sah surat keputusan pangkat terakhir;
  4. salinan sah kartu pegawai;
  5. salinan sah penilaian kinerja pegawai 1 (satu) tahun terakhir;
  6. ijazah terakhir;
  7. daftar riwayat hidup (DRH) dan daftar riwayat pekerjaan (DRP);
  8. surat rekomendasi Kepala OPD bahwa yang bersangkutan memiliki motivasi tinggi untuk mengembangkan diri, loyalitas, dan berdedikasi tinggi;
  9. surat pernyataan/keterangan Kepala OPD yang menyatakan :
    1. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin PNS tingkat sedang atau berat;dan
    2. Surat keterangan tidak pernah dijatuhi sanksi pelanggaran kode etik PNS tingkat sedang atau berat;
  10. salinan sah surat persetujuan/akreditasi minimal B lembaga pendidikan yang akan diikuti dari lembaga yang berwenang;
  11. surat keterangan diterima sebagai peserta didik aktif dari institusi pendidikan;
  12. jadwal pendidikan/kuliah per semester;
  13. jadwal mengajar bagi PNS Guru;
  14. jadwal shif bagi PNS dengan kerja shift;
  15. surat pernyataan tidak mengikuti Kelas Jauh dan/atau Sabtu Minggu dari PNS yang bersangkutan di atas materai;
  16. uraian tugas pokok dan fungsi PNS yang bersangkutan yang diketahui oleh kepala instansi;
  17. surat rekomendasi dari kepala OPD bahwa proses pendidikan tidak mengganggu tugas kedinasan;

 

Pembatalan Izin Belajar

 

Surat izin belajar dapat dibatalkan oleh pejabat yang berwenang baik sebelum maupun sesudah menyelesaikan pendidikan. Surat Izin Belajar dibatalkan karena :

  1. dikemudian hari ditemukan bukti bahwa PNS tidak memenuhi syarat;
  2. dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;
  3. memalsukan keterangan syarat izin belajar;dan
  4. proses pendidikan mengganggu kedinasan.

 

Izin Belajar Bagi CPNS

 

Bagi CPNS yang pada saat melamar dipersyaratkan sedang menempuh pendidikan lanjutan dan linier dengan ijazah yang dipergunakan sebagai dasar pengangkatan sebagai CPNS diberikan Surat Keterangan Melanjutkan Studi (SKMS) yang berfungsi sama dengan Surat Izin Belajar.

Bagi CPNS yang pada saat melamar sedang menempuh pendidikan dalam semester akhir atau sedang menyelesaikan karya tulis dapat diberikan surat keterangan yang berfungsi sama dengan izin belajar dengan ketentuan :

  1. proses perkuliahan tidak mengganggu kedinasan;
  2. jangka waktu antara diangkat CPNS dan dikeluarkannya ijazah tidak lebih dari 1 (satu) tahun.
  3. program studi yang sedang diikuti telah mendapatkan persetujuan/akreditasi minimal B dari lembaga yang berwenang;
  4. program studi yang sedang diikuti bukan merupakan kelas jauh dan/atau kelas sabtu minggu;
  5. program studi yang sedang diikuti berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.
Last modified on Wednesday, 30 October 2019 08:42
14 03, 18